Sabtu, 18 Januari 2014

Ujikom 2014

     Kali ini saya akan membahas tentang uji kompetensi tahun 2014 yang akan segera dilaksanakan kira-kira pada tanggal 17-02-2014. Uji kompetensi yang akan di ujiankan meliputi Video Bumper, Company Profile, Iklan Layanan Masyarakat, Animasi,Web Design, dan Cd Interaktif. Catatan: Untuk video  bumper harus selalu ada pada pilihan ujian yang lain ( Web design tidak wajib ).

     Saya pun disini adalah sebagai peserta ujikom nanti, dan rencana yang akan saya pilih yaitu memilih iklan layanan masyarakat.

     Kemudian saya akan menjelaskan sedikit tentang iklan layanan masyarakat untuk pilihan ujikom nanti.

     Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan. Lalu adapun tahapan dalam membuat video atau film iklan layanan masyarakat yang harus diperhatikan: 
Pertama, Tahap PRE PRODUCTION yaitu meliputi: 
  • Riset, seperti penyiapan bahan
  • Hunting Lokasi
  • Pengembangan konsep, atau membuat konsep terlebih dahulu
  • Pematangan konsep, yaitu mengulas kembali konsep yang telah dibuat agar lebih matang
  • Breakdown & Schedule pelaksanaan pekerjaan
  • Kemudian Casting ( apabila diperlukan )
Kedua, Tahap PRODUCTION yaitu dimana semua yang terlibat dalam pembuatan projek melaksanan proses produksi yang telah terkonsep.

Ketiga, Tahap POST PRODUCTION, yaitu memperhatikan detail-detail dari projek yang sudah dibuat kemudian dipresentasikan kepada penguji dan ambil saran dan masukannya.

      Setelah saya menjelaskan tentang tahapan dalam membuat video/film iklan layanan masyarakat, kemudian saya akan membagikan sedikit penjelasan mengenai software yang akan digunakan pada proses setelah syutting.

      Dalam proses pengeditan diperlukan software yang mendukung dalam pengembangan projek yang telah diambil pada pengambilan gambar. Software yang akan saya gunakan kira-kira yaitu adobe after effect dan cyberlink power director. Tetapi kali ini saya hanya akan membagikan sedikit informasi tentang adobe after effect.

      Adobe after effect adalah produk piranti lunak yang dikembangkan oleh adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Adobe after effect adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design dan salah salah satu software design yang handal. After effect memiliki fitur-fitur yang sangat penting, seperti shape, keyframe, expression dan masih banyak lagi.

      Itulah penjelasan sedikit mengenai ujikom 2014, Terimakasih.
     

0 komentar:

Posting Komentar